ANGKET
KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA
A. Petunjuk Umum :
Angket ini hanya untuk kepentingan ilmiah dan tidak akan berpengaruh terhadap reputasi dan prestasi Anda di sekolah ini. Silahkan mengisi dengan sejujur-jujurnya dan sebenar-benarnya berdasarkan pikiran Anda dan sesuai dengan yang Anda alami.
1. Tulislah nomor urut Anda di sudut kanan atas pada lembar ini.
2. Bacalah setiap nomor dengan seksama.
B. Petunjuk Khusus :
Tuliskan pendapat Anda dengan sejujur-jujurnya terhadap setiap pernyataan ( pertanyaan ) dengan cara memberikan tanda menyilang ( X ) atau checklist (V) pada kolom di sebelah kanan pernyataan (pertanyaan) dengan ketentuan sebagai berikut :
1. Jika Selalu.
2. Jika Sering.
3. Jika Kadang-Kadang
4. Jika Jarang
5. Jika Tidak Pernah
No | Pernyataan (Pertanyaan) | SL | SR | KK | JR | TP |
1 | Saya senang belajar sendiri |
|
|
|
|
|
2 | Saya lebih semangat mengerjakan sesuatu sendiri daripada dengan orang lain/kelompok |
|
|
|
|
|
3 | Saya lebih suka belajar dengan didampingi orang tua/kakak/guru les |
|
|
|
|
|
4 | Saya dapat berkonsentrasi dengan maksimal jika belajar tanpa pendamping/orang lain |
|
|
|
|
|
5 | Saya mampu mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah sendiri |
|
|
|
|
|
6 | Saya tahu bahwa orang tua selalu mendukung semua aktifitas/kegiatan yang saya lakukan. |
|
|
|
|
|
7 | Orang tua saya selalu memberi semangat dan teladan yang baik |
|
|
|
|
|
8 | Orang tua selalu membantu meski saya dapat menyelesaikan tugas/masalah sendiri |
|
|
|
|
|
9 | Setiap ada permasalahan dalam memahami materi pelajaran, saya bertanya kepada orang lain yang lebih tahu |
|
|
|
|
|
10 | Jika ada istilah/ kosa kata baru yang belum saya pahami, saya segera mencari tahu dari referensi buku-buku yang ada di perpustakaan atau bertanya kepada guru |
|
|
|
|
|
11 | Setiap ada ulangan yang sulit, saya mencontek dari buku atau melirik pekerjaan teman. |
|
|
|
|
|
12 | Jam istirahat di sekolah saya gunakan untuk mengunjungi perpustakaan |
|
|
|
|
|
13
| Saya percaya pada kemampuan saya sendiri bahwa saya akan berhasil dan memperoleh nilai yang bagus dalam ulangan |
|
|
|
|
|
14 | Apapun saran / masukan dari orang lain untuk kebaikan prestasi belajar saya, saya mau menerimanya, walaupun datangnya dari adik kelas |
|
|
|
|
|
15 | Dengan belajar kelompok, saya optimis prestasi belajar saya akan meningkat |
|
|
|
|
|
16 | Ketika bapak/ ibu guru mengajukan pertanyaan ataupun memberikan kesempatan untuk bertanya dalam pembelajaran, saya mengacungkan jari untuk menjawabnya atau mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diberikan. |
|
|
|
|
|
17 | Saya menyadari jika saya memiliki kelemahan dalam penguasaan materi pelajaran tertentu yang menurut saya sulit. |
|
|
|
|
|
18 | Agar mendapat prestasi yang lebih baik, Saya berusaha meniru cara belajar teman-teman yang prestasinya lebih baik dari saya. |
|
|
|
|
|
19 | Saya belajar di rumah, sesuai jadwal yang saya buat sendiri |
|
|
|
|
|
20 | Sebelum belajar, saya menyiapkan buku-buku, alat tulis menulis atau peralatan belajar yang lain yang saya butuhkan |
|
|
|
|
|
21 | Saya belajar sendiri tanpa diperintah oleh orang tua
|
|
|
|
|
|
22 | Saya baru belajar kalau situasi memungkinkan |
|
|
|
|
|
23 | Setiap ada pekerjaan rumah (PR) atau tugas dari bapak/ibu guru, saya langsung mengerjakannya pada hari itu juga |
|
|
|
|
|
24 | Saya mengumpulkan pekerjaan rumah (PR)/tugas yang diberikanoleh bapak/ibu guru tepat waktu |
|
|
|
|
|
25 | Ketika bapak/ibu guru memberikan kesempatan untuk bertanyamaka kesempatan itu saya biarkan saja, meskipun ada materi pelajaran yang belum saya pahami |
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment